Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Telegram

  • 3 min read
  • Jan 16, 2022

Cara agar akun Telegram tidak dibajak oleh hacker, salah satunya adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun Telegram Anda. Jika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah di Telegram, Anda akan menikmati fitur lapisan keamanan ekstra untuk akun Telegram Anda selain kata sandi yang biasa Anda gunakan. Hal ini berarti bahwa jika seseorang berhasil mencuri kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat mengakses akun Anda sampai mereka mendapatkan kata sandi atau kode verifikasi dua langkah.

Pada artikel ini, infomu.id akan menuliskan langkah demi langkah cara mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk akun Telegram Anda.

Cara Mengatur Verifikasi Dua Langkah Telegram di Laptop

Anda dapat menggunakan aplikasi Telegram degan mengunduh dan menginstal Telegram Desktop (gratis) di komputer Anda. Kemudian, luncurkan Telegram Desktop yang Anda instal. Anda dapat meminimalkan atau memaksimalkan jendela sesuka Anda.

Untuk mengatur verifikasi dua langkah caranya sebagai berikut:

  • Buka Telegram
  • Klik tombol menu hamburger di sudut kiri atas. Gulir ke bawah dan klik Pengaturan.
  • Di bawah Pengaturan, gulir ke bawah dan klik Privasi dan Keamanan.
  • Gulir ke bawah ke Verifikasi dua langkah dan klik Aktifkan verifikasi dua langkah.
  • Masukkan kata sandi dan masukkan kembali kata sandi untuk mengonfirmasi. Selanjutnya, tambahkan petunjuk kata sandi jika Anda lupa kata sandi Anda.
  • Kemudian, masukkan email pemulihan dan klik Simpan. Kata sandi ini akan diperlukan saat Anda masuk ke perangkat baru selain kode yang dikirim melalui SMS
  • Kode konfirmasi akan dikirim ke alamat email Anda. Masukkan kode dan klik Kirim.
  • Verifikasi dua langkah sekarang diaktifkan.

Untuk memverifikasi bahwa verifikasi dua langkah telah diaktifkan, klik Menu > Settings > Settings > Privacy and Security. Di bawah Verifikasi dua langkah, Anda sekarang akan melihat Ubah kata sandi cloud dan Nonaktifkan opsi kata sandi cloud.

Untuk mematikan verifikasi dua langkah, cukup klik Nonaktifkan kata sandi cloud.

Cara Mengatur Verifikasi Dua Langkah Telegram Di Android

Anda dapat mengunduh dan menginstal Telegram (gratis) di perangkat Android Anda jika Anda belum melakukannya. Jika Anda sudah menggunakan aplikasi Telegram, untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram dan ketuk tombol Menu di sudut kiri atas.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan. Di bawah menu Pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk Privasi dan Keamanan.
  • Ketuk Verifikasi Dua Langkah, lalu ketuk Setel Kata Sandi. Ini adalah kata sandi yang Anda perlukan saat masuk di perangkat lain selain kode verifikasi yang akan Anda terima melalui SMS.
  • Masukkan kata sandi, klik Lanjutkan, masukkan kembali kata sandi Anda, dan klik Lanjutkan lagi.
  • Pada layar Atur Petunjuk Kata Sandi, masukkan petunjuk kata sandi. Ini akan membantu Anda mengingat kata sandi jika Anda lupa. Ketuk Lewati jika Anda lebih suka tidak melakukannya. Jika tidak, masukkan petunjuk dan ketuk Lanjutkan.
  • Masukkan email pemulihan yang dapat Anda gunakan jika Anda lupa kata sandi, lalu ketuk Lanjutkan. Anda juga dapat melewati langkah ini dengan mengetuk Lewati. Kode verifikasi akan dikirim ke alamat email pemulihan Anda.
  • Masukkan kode verifikasi dan Anda akan secara otomatis diarahkan ke layar Pengaturan Kata Sandi.
    Anda akan memerlukan kata sandi ini saat Anda masuk ke perangkat baru selain kode yang dikirim melalui SMS.
  • Setelah selesai, ketuk Kembali ke Pengaturan untuk keluar.

Anda akan menerima pemberitahuan Telegram yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah menyiapkan verifikasi dua langkah untuk akun Telegram Anda. Anda dapat mengubah sandi, menonaktifkan sandi, atau mengubah email pemulihan dengan mengeklik opsi yang sesuai. Jika Anda kembali ke layar Privasi dan Keamanan, pengaturan Verifikasi Dua Langkah Anda sekarang akan menunjukkan “Aktif”.

Untuk mematikan verifikasi dua langkah kapan saja, buka Telegram, ketuk Menu > Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Verifikasi Dua Langkah. Masukkan kata sandi Anda dan ketuk tanda centang di kanan atas. Ketuk Matikan Kata Sandi. Anda akan ditanya apakah Anda ingin menonaktifkan kata sandi Anda. Ketuk Nonaktifkan. Ini akan mematikan verifikasi dua langkah Anda.

Anda akan menerima pemberitahuan Telegram yang memberi tahu Anda bahwa verifikasi dua langkah telah dimatikan untuk akun Anda.

Cara Lain untuk Melindungi Akun Telegram Anda

Verifikasi dua langkah bukanlah satu-satunya atau cara terbaik untuk mengamankan akun Telegram Anda, tetapi ini adalah pilihan yang bagus. Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra seperti menggunakan kombinasi kata sandi yang kuat dengan pengelola kata sandi gratis dan pengelola kata sandi yang andal, tidak menggunakan kembali kata sandi di seluruh akun, dan tidak mengungkapkan kata sandi Anda kepada pihak ketiga.

Praktik ini akan membantu Anda menjaga akun Anda di luar jangkauan sebagian besar aktor jahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.