Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

  • 2 min read
  • Jan 14, 2022

Agar Akun WhatsApp tidak dibajak oranglain, WhatsApp menawarkan verifikasi dua langkah untuk semua penggunanya di seluruh dunia. Dan kami mendorong semua orang untuk mengaktifkan fitur keamanan penting ini secepatnya.

Sejak 2017, WhatsApp telah menawarkan verifikasi dua langkah kepada semua penggunanya. Setelah diaktifkan, verifikasi dua langkah mempersulit seseorang untuk meretas atau membajak akun WhatsApp Anda. Oleh karena itu, kami mendorong semua orang yang belum melakukannya untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp sekarang.

Apa itu Verifikasi Dua Langkah?

Untuk yang belum tahu, verifikasi dua langkah memerlukan elemen kedua untuk mengakses akun. Langkah pertama biasanya kata sandi, dan yang kedua biasanya kode sandi atau PIN. Sebagian besar perusahaan, termasuk Google, Facebook, dan Amazon, menawarkan verifikasi dua langkah pada akun yang berisi informasi pribadi. Tidak terkecuali di akun WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp cukup buka Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Anda kemudian akan diminta untuk membuat PIN enam digit yang harus Anda masukkan setiap kali Anda perlu memverifikasi nomor telepon Anda. Anda juga akan diminta untuk memasukkan PIN Anda secara berkala untuk membantu Anda mengingatnya.

Saat Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp, Anda juga akan diberikan opsi untuk menambahkan alamat email. WhatsApp akan menggunakan ini untuk mengirimi Anda tautan reset jika Anda lupa PIN Anda.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda memasukkan alamat email saat mengaktifkan verifikasi dua langkah. Jika tidak, dan kemudian lupa PIN Anda, Anda harus menunggu tujuh hari sebelum menyetel ulang.

Anda dapat menambahkan alamat email kapan saja dengan membuka Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Tambahkan Alamat Email.

Anda juga dapat mengubah alamat email yang terkait dengan verifikasi dua langkah WhatsApp dengan mengklik Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Ubah Alamat Email.

Anda dapat mengubah PIN dengan mengeklik Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah > Ubah PIN.

Dan Anda bahkan dapat menonaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp secara bersamaan dengan masuk ke Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Nonaktifkan > Nonaktifkan. Namun kami tidak merekomendasikan hal ini.

Verifikasi Dua Langkah Dapat Melindungi WhatsApp Anda Dari Peretas

Semua perusahaan teknologi memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keselamatan penggunanya. Dan menawarkan verifikasi dua langkah adalah bagian penting dari perlindungan tersebut. Masalahnya adalah membujuk pengguna untuk benar-benar menggunakan alat yang ditawarkan kepada mereka.

Jadi, jika Anda menggunakan WhatsApp tetapi belum menyiapkan verifikasi dua langkah, kami mendorong Anda untuk melakukannya langsung setelah membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.