Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

  • 7 min read
  • Jan 15, 2022

Cara agar akun facebook tidak bisa dibajak oleh hacker, salah satunya adalah dengan mengaktifkan autentikasi dua langkah. Nah, apa itu autentikasi dua langkah dan bagaimana cara mengaktifkannya, infomu.id akan membahas pada artikel ini

Di era digital sekarang ini keamanan di dunia online sangatlah penting, mulai dari menjaga privasi hingga melindungi akun dan kata sandi Anda. Selalu saja ada seseorang yang mau mengambil keuntungan dari akun yang tidak diamankan dengan benar. Jika Anda belum mengamankan akun, segera lakukan pengaturan di semua akun Anda

Selain protokol keamanan standar (kata sandi yang sempurna), Autentikasi dua faktor memberikan kode ke akun sekunder atau nomor telepon sebelum Anda mendapatkan akses. Ketika Anda telah mengatur Autentikasi dua faktor dengan benar, Anda akan menerima SMS atau pesan email dengan kode entri satu kali. Biasanya numerik kode ini kadaluwarsa setelah beberapa detik, dan tidak terkait dengan informasi pribadi Anda semisal hari ulang tahun Anda atau yang lain

Autentikasi dua faktor, seperti bentuk keamanan lainnya, tentu saja bukan tanpa kekurangan. Mungkin ada saatnya Anda lebih aman menghapus autentikasi daripada mempertahankannya. Jika seseorang memiliki ponsel Anda, mereka dapat dengan mudah masuk ke akun Facebook Anda menggunakan fitur Autentikasi dua faktor. Sering kali, yang diperlukan hanyalah mengklik ‘Ini saya’ untuk melewati kata sandi unik dan aman yang telah Anda siapkan.

Artikel ini mengulas pengaturan Autentikasi dua faktor di akun Facebook Anda dan bagaimana cara untuk menghapusnya.

Cara Mengaktifkan Autentikasi dua faktor

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Autentikasi dua faktor di Facebook. Bagian berikut akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan Autentikasi dua faktor di berbagai platform Facebook.

Cara Mengaktifkan Autentikasi dua faktor di Peramban Web

Jika Anda belum mengaktifkan Autentikasi dua faktor, ikuti langkah-langkah ini:

  • Masuk ke Facebook dan pilih ikon panah untuk mengakses menu Pengaturan & Privasi. Kemudian, pilih Pengaturan lagi.
  • Pilih Keamanan & Login di menu sebelah kiri.
  • Gulir ke bawah dan klik ‘Edit’ di sebelah kanan ‘Gunakan Autentikasi dua faktor.’
  • Dari sini, Anda harus masuk ke Facebook menggunakan kata sandi Anda saat ini lagi. Ikuti petunjuknya dan tetapkan kontak untuk menerima kode Autentikasi dua faktor Anda.

Sekarang, kapan pun Anda masuk ke Facebook, Anda harus memverifikasi kode acak yang dikirim ke metode keamanan itu. Tapi berhati-hatilah; jika Anda tidak memiliki akses ke metode itu, Anda mungkin tidak dapat masuk ke akun Facebook Anda di masa mendatang.

Mungkin Anda Tertarik ; Panduan Facebook marketing secara organik tanpa iklan berbayar

Cara Mengaktifkan Autentikasi dua faktor di Aplikasi Seluler Android

Jika Anda pengguna Android dan perlu mengaktifkan Autentikasi dua faktor saat bepergian, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Facebook dan ketuk tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Kemudian, ketuk Pengaturan & Privasi, dan Pengaturan.
  • Ketuk Keamanan & Masuk.
  • Ketuk Gunakan Autentikasi dua faktor.
  • Ketuk opsi untuk mengaktifkan Autentikasi dua faktor. Kemudian, verifikasi bahwa itu aktif ketika memberi Anda opsi untuk mematikannya.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk menonaktifkan Autentikasi dua faktor di aplikasi seluler Facebook untuk perangkat Android.

Cara Mengaktifkan Autentikasi dua faktor di Aplikasi Facebook iOS

Pengguna iPhone dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Facebook di iPhone Anda dan ketuk tiga garis horizontal di sudut kanan bawah. Kemudian, ketuk Pengaturan & Privasi. Ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Keamanan dan Login.
  • Ketuk Gunakan Autentikasi dua faktor.
  • Ketuk Nyalakan atau Matikan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Autentikasi dua faktor.
  • Setelah Anda mengaktifkan Autentikasi dua faktor, verifikasi bahwa nomor telepon adalah salah satu tempat Anda dapat menerima pesan teks dan peringatan.

Cara Menonaktifkan Autentikasi dua faktor

Jika Autentikasi dua faktor tidak lagi berfungsi untuk Anda, Anda dapat menonaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mengikuti instruksi yang sama seperti di atas, masuk ke Facebook dan buka halaman Keamanan & Masuk di bawah tab Pengaturan.
  • Klik ‘Edit’ di sebelah opsi Autentikasi dua faktor. Selanjutnya, Anda harus memasukkan kata sandi Facebook Anda saat ini.
  • Sekarang Anda dapat mengklik ‘Matikan’ untuk menonaktifkan Autentikasi dua faktor.
  • Sekarang, ikuti petunjuk untuk menghapus Autentikasi dua faktor. Setelah selesai, Anda dapat masuk ke Facebook tanpa memiliki kode verifikasi.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengaktifkan Autentikasi dua faktor

Seperti yang dinyatakan di atas, Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang sangat baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami masalah saat masuk nanti.

Autentikasi dua faktor sangat aman bahkan Anda (pemilik akun) mungkin mengalami kesulitan untuk masuk. Sebelum mengikuti petunjuk di bawah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi bahwa semua informasi kontak Anda mutakhir.

Mengikuti instruksi yang tepat di atas untuk mengakses pengaturan Autentikasi dua faktor, temukan opsi untuk memilih metode keamanan Anda. Pilih ‘Kelola’ di sebelah opsi SMS Anda untuk memperbarui nomor telepon Anda.

Menjaga nomor telepon Anda tetap terbaru sangat penting untuk keamanan Anda dan kemampuan Anda untuk mendapatkan akses ke Facebook di akun baru. Jika nomor Anda tidak aktif, Anda tidak akan menerima kode keamanan, yang secara efektif mengunci diri Anda dari akun Anda. Memperbarui informasi kontak Anda harus dilakukan setiap kali Anda mengubah nomor telepon Anda.

Alternatif Autentikasi dua faktor

Jika Anda tidak memiliki nomor telepon atau ingin menggunakan Autentikasi dua faktor lagi, facebook menawarkan beberapa fitur keamanan untuk melindungi akun Anda.

Aplikasi Verifikasi Pihak Ketiga Autentikasi dua faktor

Alternatif cepat dan mudah untuk opsi SMS Autentikasi dua faktor adalah aplikasi Autentikasi pihak ketiga. Google Authenticator adalah aplikasi yang tersebar luas dan tepercaya yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android, tetapi Anda bebas memilih aplikasi yang diinginkan.

  • Ikuti petunjuk di atas untuk memperbarui nomor telepon Anda, tetapi kali ini, pilih ‘Kelola’ di bawah ‘Aplikasi Autentikasi Pihak Ketiga’ di Pengaturan Facebook.
  • Facebook akan memberi Anda kode QR yang dapat dipindai dan kode alfanumerik untuk menyiapkan aplikasi pihak ketiga Anda. Ikuti instruksi dan klik ‘Lanjutkan.’
  • Sekarang, Anda dapat masuk ke Facebook dengan Autentikasi dua faktor tanpa nomor telepon.

Peringatan Masuk Tidak Dikenal

Facebook menawarkan peringatan untuk perangkat yang tidak dikenal. Jika browser atau aplikasi Facebook baru terdeteksi, Anda akan menerima peringatan pemberitahuan. Notifikasinya multifungsi karena Anda juga dapat menolak entri langsung dari perangkat Anda.

Jika Anda menerima salah satu peringatan ini, mungkin ada baiknya Anda mengubah kata sandi Facebook Anda. Tetapi juga, ubah kata sandi email Anda juga. Seorang peretas mendapatkan akses, jadi sebaiknya berhati-hati dan perbarui kedua kata sandi.

Kata Sandi Aplikasi

Salah satu fitur unik dalam jajaran keamanan Facebook adalah opsi untuk menggunakan kata sandi terpisah untuk aplikasi yang ditautkan. Jika Anda pernah berbicara dengan siapa pun di bidang IT, mereka kemungkinan besar akan meminta Anda untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Saran ini sangat penting karena jika Anda hanya menggunakan satu atau dua kata sandi di perangkat Anda, hanya itu yang dibutuhkan peretas untuk masuk ke banyak akun.

Facebook menawarkan login yang mudah ke beberapa aplikasi. Dari Tinder hingga game seluler favorit Anda. Mengikuti ‘gunakan berbagai kata sandi’ yang sering kita dengar, buka halaman Keamanan dan Login seperti yang Anda lakukan sebelumnya.
Pilih ‘Tambah’ di sebelah judul ‘Kata Sandi Aplikasi’ dan buat kata sandi baru untuk aplikasi tertaut Anda.

Cara Mencegah Terkunci

Dengan asumsi Anda telah menyiapkan Autentikasi dua faktor menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di atas, Facebook memang memiliki opsi cadangan untuk mencegah Anda terkunci. Bahkan jika Anda kehilangan telepon atau mengubah nomor telepon, Anda dapat mengatur salah satu metode ini untuk mendapatkan akses.

Kembali ke menu Pengaturan yang sama yang kami gunakan untuk mengatur Autentikasi dua faktor, gulir ke bagian paling bawah halaman Login & Keamanan. Pilih salah satu opsi pencadangan yang tersedia.

Kode pemulihan adalah pilihan optimal karena Anda dapat menyimpannya dengan aman dan mengaksesnya kapan pun Anda perlu masuk ke Facebook, melewati Autentikasi dua faktor. Berhati-hatilah, jika ada yang mengetahui kode keamanan Anda, mereka juga dapat masuk.

Dari halaman yang sama ini, Anda juga dapat menetapkan tiga teman Facebook untuk membantu Anda mendapatkan kembali akses jika Anda memilih untuk melakukannya. Mengatur fungsi-fungsi ini sebelum Anda mengalami masalah login sangat ideal. Setelah Anda terkunci, Anda harus menghubungi dukungan Facebook menggunakan ‘Masalah masuk? tombol pada layar login. Kemudian, Anda berada di bawah kekuasaan Facebook untuk merespons dan membantu Anda mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

Cara Memperbarui Nomor Telepon Anda

Autentikasi dua faktor terutama bergantung pada nomor telepon Anda kecuali Anda menggunakan aplikasi autentikator. Tapi, apa yang Anda lakukan jika nomor telepon Anda sudah tidak aktif? Nah, Anda dapat memperbaruinya, tentu saja!

  • Ikuti instruksi yang sama seperti di atas untuk mengakses Pengaturan Keamanan Facebook dan ketuk ‘Edit’ di sebelah Autentikasi dua faktor. Di samping ‘Metode keamanan Anda’, ketuk ‘Kelola’.
  • Kemudian, klik ‘Gunakan nomor yang berbeda’ dari menu tarik-turun.
  • Klik ‘Tambahkan Nomor Telepon’ lalu, ‘Lanjutkan.’
  • Ketik nomor telepon baru Anda dan ketuk ‘Lanjutkan.’
  • Nomor telepon baru akan muncul. Tetapi, jika tidak atau Anda menerima kode kesalahan, Anda dapat mematikan Autentikasi dua faktor lalu menyalakannya kembali. Melakukan ini akan memungkinkan Anda memasukkan nomor telepon baru.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mengamankan akun Facebook Anda sangatlah penting agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Infomu.id menyertakan bagian ini untuk menjawab lebih banyak pertanyaan Anda.

Apakah saya perlu Autentikasi dua faktor?

Autentikasi dua faktor atau alternatif serupa sangat disarankan, terutama untuk Facebook. Situs media sosial memiliki akses ke banyak informasi pribadi Anda yang mungkin belum pernah Anda pikirkan. Anda pasti tidak ingin peretas atau hacker memiliki informasi itu. Hal-hal seperti lokasi Anda, identitas, dan bahkan informasi pembayaran semuanya disimpan di Facebook.

Jika akun Anda diretas, Facebook mungkin akan menonaktifkan akun Anda sepenuhnya. Jenis tindakan ini berarti Anda tidak akan mendapatkan kembali akun Anda, dan Anda akan kehilangan semua foto, teman, dan kenangan yang berarti.

Apa yang dapat saya lakukan jika saya tidak dapat menerima kode Autentikasi dua faktor?

Dengan asumsi Anda tidak memiliki opsi pencadangan yang dibuat dan Anda tidak lagi memiliki akses ke nomor telepon di file, Anda harus menggunakan metode alternatif untuk masuk. Opsi terbaik Anda adalah menggunakan perangkat yang dikenali untuk mendapatkan kode keamanan Anda di Pengaturan.

Jika Anda tidak membawa perangkat yang dikenali, tidak memiliki kode keamanan, dan tidak memiliki akses ke salah satu bentuk kontak yang terdaftar di akun Anda, gunakan opsi ‘Masalah masuk’ dari halaman masuk .

Saya tidak bisa mematikan Autentikasi dua faktor di Facebook. Apa yang terjadi?

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Facebook tidak mengizinkan Anda mematikan Autentikasi dua faktor. Jika Anda memiliki aplikasi tertentu yang terhubung ke Facebook, seseorang dapat mencegah Anda mematikan fitur tersebut karena diperlukan untuk tujuan keamanan. Coba hapus semua aplikasi kerja atau sekolah yang tertaut, lalu ikuti kembali petunjuknya.

Jika Anda menerima pesan kesalahan, coba browser web lain untuk menonaktifkan fitur keamanan karena ini bisa menjadi masalah dengan browser itu sendiri.

Dengan asumsi Anda menggunakan kata sandi yang benar saat masuk, Anda mungkin perlu menghubungi dukungan Facebook untuk bantuan lebih lanjut. Secara umum, Facebook tidak memberi Anda masalah dalam mematikan fitur ini, jadi jika Anda mengalami masalah, kemungkinan itu khusus akun, itulah sebabnya Anda memerlukan tim dukungan untuk membantu Anda.

Apa yang harus saya lakukan jika orang lain masuk dan mengaktifkan Autentikasi dua faktor di akun saya?

Jika Anda sudah mengalami serangan dan peretas mengaktifkan Autentikasi dua faktor, Anda tidak dapat masuk hingga masalah teratasi. Untungnya, Facebook siap membantu.

Kunjungi halaman web ini untuk memulihkan dan mendapatkan kembali akses ke akun Anda sehingga Anda dapat mematikan atau mengelola Autentikasi dua faktor.

Apakah saya memerlukan kode verifikasi untuk mematikan Autentikasi dua faktor?

Tidak, tetapi Anda perlu satu untuk menyalakannya kembali. Anda memerlukan kata sandi untuk mengakses pengaturan keamanan, tetapi Anda tidak memerlukan kode verifikasi pesan teks untuk mematikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.