15 Tips Agar Akun Facebook Aman Tidak Di Hack

  • 5 min read
  • Jan 13, 2022

Mengetahui cara agar akun facebook tidak terkena hack sangatlah penting. Hal ini cukup beralasan karena Facebook memiliki lebih dari 83 juta akun palsu yang berupaya menyebarkan informasi yang salah, spam, atau tautan berbahaya. Selain itu, 600.000 akun Facebook diretas setiap hari.

Facebook sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran keamanan, seperti peluncuran halaman resmi Keamanan Facebook, tetapi angka-angka tersebut membuktikan bahwa langkah-langkah ini tidak cukup.

Mengapa Harus Peduli Dengan Keamanan Facebook?

Bagi banyak orang, Facebook mewakili citra pribadi, sosial, dan profesional mereka secara online ke berbagai teman, keluarga, dan bahkan kolega. Menjaga tingkat keamanan yang tinggi pada platform terbuka seperti itu harus menjadi yang terpenting bagi setiap pengguna.

Peretas, penipu, pencuri identitas, dan lainnya semuanya menggunakan dan meretas profil Facebook sebagai sarana untuk tujuan ilegal mereka. Jadi, apa sebenarnya cara terbaik untuk menjaga akun Facebook Anda tetap aman dan terlindungi?

1. Kelola Pengaturan Keamanan Anda

Langkah pertama Anda ke akun Facebook yang lebih aman dan lebih aman adalah dengan mengunjungi halaman pengaturan keamanan Facebook Anda. Ini dapat ditemukan dengan mengklik tombol roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar Facebook Anda, diikuti dengan mengklik “Pengaturan Akun”, lalu dengan mengklik “Pengaturan & Privasi”, kemudian klik ‘Pengaturan’. Terakhir klik ‘Keamanan dan Login’

Layar yang akan ditampilkan kepada Anda akan memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan terkait pertanyaan keamanan, kata sandi aplikasi, sesi aktif saat ini, dan banyak lagi. Memeriksa, dan mengaktifkan semua opsi dan fitur ini akan sangat meningkatkan keamanan di akun Facebook Anda

2. Berikan Kata Sandi Pada Perangkat

Hari demi hari, perangkat seluler menjadi cara tercepat dan termudah untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga melalui platform seperti Facebook. Secara umum, Anda hanya perlu masuk sekali, memungkinkan Anda menikmati akses cepat ke aplikasi Facebook kapan pun Anda mau, tanpa menerapkan tindakan keamanan. Tentu, ini adalah impian seorang hacker.

Kunci untuk menjaga keamanan aplikasi Facebook Anda di perangkat seluler Anda adalah dengan menerapkan kata sandi atau kunci kode sandi di perangkat Anda. Tidak ada akses ke perangkat berarti tidak ada akses ke Facebook.

3. Gunakan Browser Aman

Sejak 2011, Facebook telah mengizinkan penggunanya untuk menelusuri jejaring sosialnya melalui koneksi aman HTTP. Sederhananya, koneksi aman HTTP tercapai setiap kali URL dimulai dengan https://, bukan http://.

Menjelajahi Facebook tanpa koneksi aman HTTP membuat data Anda tetap terbuka terhadap serangan kapan pun saat Anda menggunakan Wi-Fi gratis. Kelemahannya adalah, menggunakan koneksi aman HTTP dapat memperlambat kinerja situs web itu sendiri, membuat pengalaman Facebook sedikit kurang mendebarkan.

4. Hanya Tambahkan Teman Yang Dikenal

Banyak pengguna Facebook tidak menyadari bahaya menerima permintaan pertemanan secara acak. Menjadi teman dengan seseorang di Facebook memungkinkan untuk mengakses informasi pribadi tentang Anda, termasuk nama lengkap Anda, lokasi, tempat lahir, ulang tahun dan banyak lagi.

Informasi tersebut dapat dengan mudah dieksploitasi oleh pencuri identitas, jadi selalu merupakan kebijakan terbaik untuk menolak permintaan pertemanan dari orang yang sebenarnya tidak Anda kenal secara langsung.

5. Sesuaikan Pengaturan Privasi Facebook Anda

Menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda, alih-alih menyiarkannya ke dunia yang lebih luas, adalah ide bagus dalam hal keamanan. Secara default, informasi seperti tanggal lahir Anda, lokasi, dan sebagainya semuanya dapat diakses oleh pengguna Facebook yang bahkan tidak mengenal Anda.

Untuk mengubahnya, buka pengaturan privasi Anda, yang dapat ditemukan dengan mengklik tombol roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar Facebook Anda, diikuti dengan mengklik “Pengaturan Privasi”.
Setelah Anda memasuki halaman pengaturan privasi, Anda dapat mulai memilih siapa yang dapat melihat informasi pribadi Anda. Anda juga dapat menentukan kelompok orang mana yang diizinkan untuk mencari Anda melalui fungsi pencarian Facebook.

Mengambil langkah-langkah ini untuk memprivatisasi informasi Anda sangat mengurangi risiko potensi pencurian identitas, dan upaya peretasan umum.

6. Jangan Menggunakan Kata Sandi Secara Berlebihan

Menggunakan kata sandi yang sama untuk alamat email Anda dan akun Facebook Anda adalah masalah besar.
Seorang peretas yang mendapatkan akses ke akun Facebook Anda akan segera memiliki akses ke alamat email terdaftar Anda. Menggunakan kata sandi yang sama untuk kedua akun hanya membuka pintu ke peretasan skala penuh dan pencurian informasi pribadi, file, gambar, kata sandi, dan banyak lagi. Jadi, sangat penting untuk meluangkan waktu untuk membuat kata sandi terpisah untuk setiap akun Anda.

7. Log Out Setelah Anda Menggunakan Facebook

Cara yang sangat sederhana, namun sangat efektif untuk mencegah tamu Facebook yang tidak diinginkan. Saat menjelajahi web di perangkat publik seperti di perpustakaan, lupa untuk keluar dari akun Facebook Anda terbukti sangat berbahaya.

8. Hati-hati dengan Aplikasi di Facebook

Facebook menawarkan penggunanya sejumlah besar aplikasi pihak ketiga, beberapa di antaranya sayangnya menimbulkan ancaman keamanan yang ekstrem. Di masa lalu, banyak aplikasi Facebook jahat yang mengirim spam dan membajak akun pengguna.

Untuk mengatasi hal ini, Facebook telah menempatkan sejumlah protokol keamanan, seperti Kata Sandi Aplikasi, untuk memeriksa aplikasi mereka dengan lebih baik dan memastikan keamanan. Namun, ada baiknya juga untuk memeriksa setiap aplikasi dengan benar sebelum memberikannya akses ke informasi Facebook Anda.

9. Cadangkan Data Anda

Facebook menawarkan opsi untuk mencadangkan data pribadi Anda, mulai dari hari pertama Anda membuka akun. Pada dasarnya, Anda dapat mengunduh riwayat sosial online lengkap tentang diri Anda. Ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar Facebook Anda, diikuti dengan mengklik “Pengaturan Akun”, dan kemudian “Unduh Salinan Data Facebook Anda”.

Memiliki versi terbaru dari informasi berbasis Facebook Anda akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk memulihkan akun Anda jika akun itu pernah diserang jenis apa pun, atau hilang dalam beberapa cara

10. Konfirmasi Nomor Ponsel Anda

Selain menambahkan kontak tepercaya, mengonfirmasi nomor ponsel Anda adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan keamanan akun Anda di Facebook. Dengan cara ini, bahkan ketika Anda kehilangan atau lupa kata sandi Anda, Facebook akan dapat mengirimi Anda yang baru melalui SMS.

Untuk mengakses opsi ini, klik tombol roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar Facebook Anda, diikuti dengan mengklik “Pengaturan Akun”, lalu dengan mengklik “Seluler” di bilah sisi kiri.

Seiring dengan manfaat tambahan, seperti dapat membuat pembaruan status dan melihat permintaan pertemanan, menambahkan nomor ponsel Anda ke akun Facebook memungkinkan Anda memulihkan akun dengan cepat, jika pernah disusupi oleh peretas yang nakal.

11. Jangan Klik “Biarkan Saya Masuk”

Setiap kali Anda ingin masuk ke akun Facebook Anda, ada kotak centang kecil yang bertuliskan “Biarkan Saya Masuk”. Di ruang publik, atau bahkan di perangkat yang digunakan oleh banyak pengguna, kotak ini harus tidak dicentang. Jika tidak dicentang, Anda akan keluar dari Facebook secara otomatis setelah waktu idle yang singkat, sehingga meningkatkan keamanan akun Anda.

Saat menggunakan komputer umum, tidak jarang menemukan kotak-kotak ini sudah dicentang, jadi perlu ekstra waspada.

12. Gunakan Kontak Tepercaya

Baru-baru ini, Facebook memperkenalkan fitur Kontak Tepercaya, yang meminta Anda untuk memilih sekelompok kecil teman dekat yang dapat diandalkan. Teman-teman ini akan menjadi tujuan Anda jika Anda tidak dapat mengakses akun Anda, dan pertanyaan keamanan Anda telah diubah, atau telah dilupakan. Facebook kemudian akan mengirim kode yang berbeda ke teman-teman ini, yang perlu disatukan untuk membuat satu kode, yang pada akhirnya memberi Anda akses ke akun Anda.

Meskipun fitur keamanan Facebook ini sedikit merepotkan Anda dan kontak tepercaya Anda, ini adalah cara yang baik dan aman untuk masuk ke akun Anda jika telah disusupi oleh peretas.

13. Hindari Tautan Spam

Seiring berjalannya waktu, tampaknya semakin banyak tautan spam yang muncul di feed Facebook setiap pengguna. Jenis serangan link antara lain penipuan uang melalui permintaan langsung atau tidak langsung melalui pesan Facebook, chat dan lain sebagainya. Tautan phishing yang akan mengarahkan Anda ke situs web palsu juga menonjol.

Tautan berbahaya ini dapat mengambil informasi pribadi Anda atau bahkan membahayakan komputer Anda. Ada juga kemungkinan Anda menerima email dari ‘Facebook’ – padahal kenyataannya, situs web phishing memikat Anda ke dalam penipuan, atau hal lain yang lebih buruk lagi.

14. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat sangat penting untuk semua aplikasi online dan offline, terutama Facebook. dengan lebih dari 600.000 peretasan Facebook setiap hari, memiliki kata sandi yang rumit mungkin merupakan ide yang bagus. Menambahkan campuran angka, huruf dan tanda baca membantu, bersama dengan huruf besar dan kecil.

Selain itu, mengubah kata sandi Anda secara teratur akan membantu mencegah peretas.

15. Blokir Orang, Aplikasi, Dan Acara Berbahaya

Terkadang, peretas atau akun atau aplikasi Facebook berbahaya mudah dikenali. Jika Anda dapat mengidentifikasi orang, aplikasi, atau peristiwa berbahaya, buka halaman pencatatan jam kerja, tempat Anda dapat menentukan pengguna dan aplikasi mana yang akan diblokir.

Untuk mengakses opsi ini, klik tombol roda gigi yang terletak di sudut kanan atas layar Facebook Anda, diikuti dengan mengklik “Pengaturan Akun”, lalu dengan mengklik “Memblokir” di bilah sisi kiri.

Dengan memblokir pengguna dan aplikasi tersebut, Anda dapat mencegah tautan dan permintaan berbahaya, menghentikan ancaman bahkan sebelum mereka dapat menjangkau Anda.

Kesimpulan

Itu tadi 15 tips keamanan Facebook paling efektif yang akan sangat meningkatkan keamanan online Anda. Pentingnya menjaga keamanan akun Anda di ruang publik, serta di perangkat seluler Anda sangat penting.

Mengambil langkah-langkah ini, dipasangkan dengan pengawasan ketat terhadap tautan dan aplikasi yang tampak berbahaya, tentu saja cukup untuk mencegah bahaya peretasan, phishing, atau penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.